Pages

Social Icons

Minggu, 16 September 2012

CIRI-CIRI KEPRIBADIAN MUKMIN


Pada kesempatan kali ini, saya hanya menuliskan 4 ciri kepribadian mukmin, pada kesempatan lain akan saya tuliskan sambungan dari ciri kepribadian mukmin lainnya. Selamat membaca semoga bermanfaat.

1.      Berkeyakinan teguh kepada Allah swt sebagai satu-satunya sesembahan, tidak ada tuhan selain dia. Hal ini merupakan akidah Islamiyah yang mensifati seorang mukmin, sebagaimana disebutkan dalam Alquran surah al-Baqarah ayat 163.
Artinya :  dan Tuhanmu adalah Tuhan yang Maha Esa; tidak ada Tuhan melainkan Dia yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
2.      Tekun dan taat beribadah hanya kepada Allah semata sebagaimana yang ditetapkan dalam ajaran Islam, seperti shalat, puasa, membayar zakat, haji, berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwa dan lainnya.
Sebagaimana di sebutkan dalam al-Quran surah adz-Dzariyat ayat 56:
Artinya : dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.
Sedangkan tatacara pelaksanaan ibadah kepada Allah, seperti ibadah shalat adalah dengan mencontoh ibadah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw. Sebagaimana disebutkan dalah hadis riwayat Bukhari sebagai berikut:
وَعَنْ مَالِكِ بْنِ الْحُوَيْرِثِ - رضي الله عنه - قَالَ : قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - - صَلُّوا كَمَا رَأَيْتُمُونِي أُصَلِّي - رَوَاهُ اَلْبُخَارِيُّ
Artinya : Shalatlah kamu sebagaimana kamu melihat nabi shalat.
                                 (HR. Bukhari).
Surah al-Mukminun ayat 1-9 dengan tegas menyebutkan ciri-ciri orang beriman.
3.      Berbuat baik kepada sesama, seperti kerjasama, setia kawan, menyuruh berbuat baik dan melarang berbuat kemunkaran, pemaaf, memperhatikan kepentingan orang lain, menghindari perbuatan sia-sia.
Dalam Alquran disebutkan tentang beberapa perbuatan baik di atas, seperti dalam surah Ali Imran ayat 104.
Artinya : dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.
Dalam hadis Nabi saw yang diriwayatkan oleh Muslim disebutkan bahwa orang mukmin bila melihat kemungkaran harus segera mencegahnya sebagaimana berikut:
مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ

4.      Berbuat baik dengan keluarga, kepada orang  tua dan karib kerabat, bergaul secara baik antara suami-isteri, menjaga keluarga dan menafkahinya.
Salah satu dalil berbuat baik kepada keluarga, sebagaimana disebutkan dalam surah al-Isra’ ayat 23.
Sedangkan bergaul secara baik antara suami-isteri, Allah menggambarkan dalam alquran surah an-Nisa’ ayat 19.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text